Pengalaman Masuk Kuliah Kampus Insan Pembangunan Bitung Tangerang

Berawal setelah saya lulus dari SMK Takwa Belitang Palembang tahun ajaran 2013 lulus, setelah tahun 2014 saya memilih  merantau di tangerang yang jauh dari orang tua saya akan lebih mandiri lagi gak harus tergantung sama orang tua dan ternyata perih dan pedih hidup di kota orang bagaimana susah nya cari uang buat menyambung hidup sehari-hari, tetapi apa daya nya karna saya sudah niat nyebrang ke pulau jawa mau tidak mau harus berkerja keras tarung sama orang di kota tangerang ini manis dan pahit pun harus di telan. pokok nya saya mau tidak mau harus bekerja keras bagaimana pun biar saya bisa kerja punya uang sendiri tidak minta sama orang tua lagi, setelah berjalan nya waktu saya pun kerja di sebuah perusahan sebagai kuli pabrik kerja berangkat pagi pulang malam tidak pernah lihat matahari lagi bagaimana lelah nya, Dan alhamdulillah di tahun 2015 Saya niat untuk memberanikan diri mendaftar kuliah  ke perguruan tinggi Kampus Insan Pembangunan Bitung Di Tangerang. Semula saya ingin masuk fakultas Pendidikan pada saat masuk perguruan tinggi itu karena cita-cita saya ingin menjadi orang yang berguna buat masyarakat sekitar.
Di awal saya memutuskan untuk kuliah,di saat itu juga aku memutuskan untuk hidup jauh dari orang tua, jauh dari keluarga,dan juga jauh dari sanak saudara.Jujur awalnya emang berat bahkan tidak pernah terfikir sebelumnya untuk hidup jauh dari orang tua,semua serba sendiri, masak sendiri ,makan sendiri, cuci baju sendiri, pokoknya semua sendiri, kalau tidak usaha gerak sandiri tidak akan bisa makan.karena juga sebelumnya tidak pernah hidup jauh dari orang tua,semua serba disediakan oleh orang tua, jadi belum terbiasa hidup serba sendiri.Satu bulan,dua bulan,dan bulan-bulan berikutnya udah mulai terbiasa dengan itu semua walaupun belum 100 persen mandiri tapi udah ada usaha buat hidup lebih mandiri.Namun kadang-kadang masih banyak ngeluh dan kadang juga masih sering nangis kalau ayah atau ibu menelvon,mungkin karna saya wanita jadi masih banyak manja dan cengengnya juga jadi mudah menangis.





kampus insan pembangunan bitung tangerang
kampus insan pembangunan bitung tangerang
wisuda stmik insan pembangunan tangerang
wisuda stmik insan pembangunan tangerang

perpustakaan nasional republik indonesia
perpustakaan nasional republik indonesia


Kehidupan saya di kuliah mengajar kan saya arti persahabatan, kekompakan, hingga mengajarkan saya arti bertanggung jawab.Ternyata yang selama ini saya bayangkan tentang kuliah rumit dan penuh dengan menumpuknya tugas terpatahkan dengan kegiatan kuliah yang saya ikuti,menyenangkan,banyak kawan,hingga banyak abng dan kakak-kakak yang bisa saya jadikan motivasi saya untuk lebih semangat lagi dalam menjalankan kuliah yang saya kerjakan sekarang ini,bahkan banyak abang dan kakak-kakak yang terus memberikan sedikit ilmu yang ia ketahui untuk di bagikan kepada saya,dari masalah susahnya jauh dari orang tua,keluarga,hingga masalah kemanjaan saya yang tidak terbiasa hidup susah. Semua itu membuat saya lebih ingin banyak belajar lagi hidup mandiri. Sejauh ini kuliah yang saya jalankan,saya lebih menyukai semester awal,karena lebih mudah dan saya lebih bisa memahami setiap mata kuliah yang di sampaikan dosen kepada mahasiswa,yah walaupun kadang terlalu banyak mahasiswa hingga kurang efektifnya dalam belajar,lokal yang ribut,mahasiswa yang banyak,hingga tidak tersampai dengan baiknya pelajaran mata kuliah yang dosen berikan,Namun saya coba lebih memahaminya dengan saya coba browsing lagi di internet hingga mencari buku-buku di perpustakaan FISIP hingga perpustakaan Nasional Repuklik Indonesi yang bisa membantu saya untuk lebih mendalami mata kuliah.


seminar kampus insan pembangunan
seminar kampus insan pembangunan
Namun saat semester dua mulai terasa lebih berat lagi mata kuliahnya,banyaknya presentasi, penelitian hingga kegiatan yang di adakan oleh jurusan saya,tapi saya coba mengikuti apa yang dosen tunjukan untuk kebaikan setiap mahasiswa juga,agar lebih berani menampakkan keberanian setiap individunya,banyak mahasiswa yang kurang berani dalam berpendapat, lemahnya nyali mahasiswa dalam memberikan pemikiran yang ia miliki padahal setiap individu memiliki cara pandang yang berbeda-beda dalam setiap masalah yang ada dalam mata kuliah,kadang juga mereka takut di ejek terhadap teman-teman yang lain karena pendapatnya yang kurang pas atau tidak sesuai.
Padahal yang mentertawakan itu belum tentu berani dan belum tentu bisa mengeluarkan pendapatnya mereka hanya bisa mentertawakan saja,ada juga sebagian dosen yang tidak mempermasalahkan masalah benar atau salahnya pendapat yang mahasiswa berikan,masalah benar atau salah nomer sekian bagi sebagian dosen asal berani berpendapat udah jauh lebih bagus ketimbang hanya datang duduk dan diam.


saya supiyah kuliah insan pembangunan bitung
saya supiyah kuliah insan pembangunan bitung
peduli gempa bumi lombok
peduli gempa bumi lombok
jalan jalan bogor
jalan jalan bogor
Dalam masa kuliah yang saya jalani hingga semester dua ini,tidaklah selamanya berjalan dengan apa yang saya harapkan.Banyak kendala yang saya hadapi,dari masalah orang tua saya yang sudah berumur,saya tidak mau jauh dari mereka saya ingin merawat mereka di masa tuanya,saya ingin merasakan lebih banyak lagi kebersamaan bersama mereka,dan saya juga berfikir ingin lebih mengutamakan kebahagiaan ayah dan ibu. Namun ayah dan ibu selalu memberikan nasehat nya kepada saya bahwa beliau tidak apa-apa,”gapailah nak cita cita yang ingin kau gapai, jangan lah hanya karena ayah dan ibu mu sudah tua semua harapan dan cita cita mu terputus di tengah jalan”ayah dan ibu ingin melihat mu menjadi sosok yang bisa ayah dan ibu banggakan kepada orang lain, selama ini mereka hanya menganggap mu sosok anak yang manja, sosok anak yang hanya terima bersih tanpa tau usaha yang ayah dan ibu mu lakukan dalam membiayai hidup mu selama ini,buktikan nak pada mereka bahwa kamu bisa berubah,bahwa kamu bisa sukses, bahwa kamu bisa ayah dan ibu banggakan di hadapan mereka, rubah nak pandangan mereka terhadapmu jadikan ejekan mereka motivasimu untuk lebih sukses dalam mencapai setiap harapan hidup yang kamu inginkan dan ayah ibu harapkan. kata-kata itulah yang selalu membuat saya ingin buktikan pada mereka yang selama ini meremehkan saya dan ayah ibu saya,semenjak mendengar nasehat itu saya benar-benar termotivasi dan mempunya kekuatan yang besar untuk melanjutkan kuliah saya dan bisa menggapai setiap harapan dan keinginan yang saya dan ayah ibu saya inginkan.

Kekuatan yang besar adalah saat doa dan restu dari ayah dan ibu saya berikan kepada saya menjadi sebuah cahaya untuk lebih semangat lagi dalam menjalankan kuliah saya,tidak peduli pandangan buruk orang orang di luar sana yang meremehkan saya dan ayah ibu saya yang saya tau hanya lebih semangat lagi dalam menuntut ilmu,bukan hanya di kampus di luar kampus pun saya akan terus belajar,belajar dan belajar karena bagi saya tidak ada usaha yang sia sia jika kita mau berusaha atau pun selalu berdoa agar setiap langkah pendidikan yang kita jalani bukan hanya mendapat ridho dari ayah dan ibu saya saja harus bisa mendapat ridho dari allah swt.




insan pembangunan
insan pembangunan
saya supiyah anak tani yang niat kuliah di insan pembangunan
saya supiyah anak tani yang niat kuliah di insan pembangunan

Ya nama nya kuliah kita harus prihatin dan semangat yang kuat kan semua butuh proses kalau kata pepatah berakit-rakit dahulu bersenang-senang kemudian akan ada saat nya kita menikmati senang hehehe. Tapi namanya kuliah pasti ada enaknya dan ada gaknya. Seperti yang enaknya kalau kuliah kita bisa banyak teman dan bisa berbagi cerita tapi kalau gaknya seperti hari pertama masuk kuliah kita jalan sendirian kaya orang kebingungan tidak mempunyai teman yang bisa diajak ngobrol. Tapikan itu sudah berlalu dan bersifat sementara.  Selanjutnya hari kedua ini kesan yang menyenangkan buat saya bisa bertemu dengan teman-taman yang bisa saling pengertian, Dan karna banyak temen kita akan lebih bisa mengetahui wawasan pengetahuan yang luas karna selalu berbagi pendapat.



anak anak kampus insan pembangunan semester 7
anak anak kampus insan pembangunan semester 7
Dari semua pelajaran yang saya dapatkan di bangku kuliah selama dua semester ini,saya bisa lebih menghargai setiap perjalanan kehidupan orang lain bahkan hidup saya sendiri bukan dengan hasilnya sekarang melainkan bagaimana caranya sampai ketitik finish dengan cara yang baik,oleh karena itu jangan menilai orang lain dari cassingnya saya tapi melainkan dari dalam lubuk hatinya, tidak selamanya yang berjilbab besar ataupun berpakaian muslim selalu bertindak dan berkelakuan baik dan juga tidak selamanya orang yang terlihat jahat selalu berbuat jahat tinggal bagaimana kita bisa melihat perubahan kebaikan dari diri orang-orang tersebut saja, yang baik belum tentu baik dan yang jahat belum tentu jahat.

Setiap proses dalam hidup itulah yang patut di hargai, proses dimana saya yang dulunya manja, tidak bisa jauh dari orang tua, tidak bisa hidup susah bahkan tidak bisa yang namanya menghargai hidup orang lain, alhamdulilah sekarang saya bisa lebih mandiri lagi,lebih bisa menghargai orang lain hingga bisa hidup dengan cara bersyukur dan bersyukur. Tidak ada nikmat allah yang lebih indah kecuali selalu bersyukur dalam setiap proses perjalanan hidup selama di masa kuliah yang memecahkan cara berfikir saya dalam hidup.


pembelajaran kampus ip
pembelajaran kampus ip
santai
santai
saat seminar kampus insan pembangunan gedung baru
saat seminar kampus insan pembangunan gedung baru







Mimpi merupakan sesuatu yang diidam-idamkan agar tercapai dalam hidup kita. mimpi akan memberikan semangat bagi kita, karena ketika bermimpi, kita telah memiliki pengharapan agar apa yang sedang kita impikan bisa tercapai suatu saat nanti. mimpi itu identik dengan hal-hal yang di anggap menarik dan indah untuk di khayalkan. termasuk saya, saya memiliki mimpi-mimpi yang besar yang saya wujudkan dalam diri ini. saat ini saya sedang menjalani status mahasiswa dengan Jurusan Sistem Informasi di Kampus Insan Pembangunan Bitung Tangerang,  perjalana dari awal semester hingga sampai saat ini membutuhkan perjuangan yang maksimal. telah saya tanamkan dalam hati bahwa diri ini adalah pribadi yang kuat dan memiliki jiwa pemimpin. begitu banyak pengalam-pengalaman yang telah saya alami hingga bisa bertahan sampai semester ini terima kasih banyak atas dukungan orang tua bapak ibu yang ada di sebrang sana.
First

10 komentar

tetap semangat dan berjuang mba e sukses selalu

kalau ada informasi tolong segera di update dong mba

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

mau daftar kuliah di Insan Pembangunan berapa ya masuk nya kak

Mba untuk pendaftaran gelombang pertama apa sudah buka di kampus insan pembangunan

untuk kampus insan pembangunan ada berapa jurusannya, untuk mendapatkan brosur nya dimana ambil nya kak terima kasih

pengen daftar kuliah di insan pembangunan mba biaya bisa di cicilkan terima kaih mba

kak mau tanya untuk kelas pagi berapa biaya nya dan kelas malam kak tolong info nya segera di tunggu


EmoticonEmoticon